Wednesday, April 12, 2017

KEMENHUB INVESTIGASI 2 PESAWAT NYARIS TABRAKAN DI CENGKARENG..



Sakong Online - Pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air nyaris bertabrakan di landas pacu (runway) Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginvestigasi insiden hal ini.

"Terhadap kejadian tersebut AirNav Indonesia telah melakukan corrective action,yaitu dengan membebastugaskan sementara personil on duty (supervisor dan controller) guna kelancaran proses investigasi lebih lanjut," demikian disampaikan Kabag Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Agoes Soebagio.

Hal itu disampaikan dia dalam rilis yang diterima, Rabu (12/4/2017).

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sudah menugaskan personel Navigasi Penerbangan untuk melakukan investigasi Go Around GIA981 terhadap personel Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) yang saat itu bertugas.

Sebelumnya, Dirjen Kemenhub Agus Santoso telah memberi peringatan keras atas terjadinya insiden nyaris tabrakan itu. Agus Santoso memerintahkan pada semua personil penerbangan untuk selalu menaati prosedur standar operasi ( Standart Operations Perocedure / SOP) dan meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari runway incursion. Runway incursion adalah insiden pesawat, kendaraan, orang atau benda apapun di runway yang bisa memicu kecelakaan atau mengganggu jarak yang dibutuhkan untuk lepas landas atau pendaratan pesawat. Capsa Susun

Perintah ini diberikan khususnya pada personel penerbangan yang berada di sisi udara bandara seperti personel pemandu lalu lintas (navigasi) penerbangan dan pilot.

"Petugas navigasi dan pilot harus selalu waspada dan menaati SOP pendaratan (landing) dan penerbangan (take off). Keduanya harus selalu bekerja sama dengan baik untuk keselamatan penerbangan," ujar Agus dalam rilis yang diterima hari ini.

Menurut Agus, petugas navigasi penerbangan dan pilot jangan hanya mengandalkan teknologi. Namun harus digabung dengan pengamatan dan pandangan mata (visual) untuk mendapatkan kondisi yang sebenarnya.


No comments:

Post a Comment

CUITAN WANITA HAMIL YANG TEMBAK SUAMI DEMI POPULARITAS : "ITU IDE DIA"

VIPDOMINO99 | JUDIDOMINO99 | DOMINO99 ONLINE | POKER ONLINE | CAPSA SUSUN | ADUQ | CEME ONLINE | SAKONG ONLINE Domino99 Online - M...